Begini Cara Menonton Film Hasil Downloadan Di Tv

Di jaman serba Android seperti sekarang, semua menjadi terasa lebih mudah. Mau cari informasi berita dan gosip artis bollywood terkini tinggal pencet hape. Pengen nonton video klip bollywood terbaru, tinggal buka Youtube pake hape. Mau nonton film bollywood terbaru, tinggal buka website yang menyediakan film streaming. Juga pake hape.


Masalahnya, nonton video klip ataupun film bollywood takkan pernah cukup hanya dengan sekali nonton. Bolak balik buka Youtube atau nonton streaming bikin boros quota. Jadi berat di ongkos, bener gak? Cara termudah menonton film atau video klip yaitu dengan membeli DVD bajakan di lapak-lapak mall terdekat atau lapak online Baru deh kita bisa nonton sepuasnya hingga keping CD nya baret/rusak.

Namun tidak semua Film atau Video Klip ada DVD nya. Jika sudah gini, balik lagi deh nonton streaming via hape android atau komputer/laptop. Kalau kita mau belajar dikit, kita bisa langsung download film atau v-klip kesukaan kita, lalu kita putar sepuasnya di TV. Tentang cara downloadnya, kalian bisa cari di mbah Google yah...


Nah, artikel ini akan mengulas bagaimana cara menonton film atau v-klip yang kita download di TV, sehingga bisa dinikmati seluruh keluarga atau nonton bareng teman.

CARA PERTAMA : MENONTON VIA LCD/LED TV

Sudah punya LED TV yang sudah berlabel HD ataupun Full HD? Atau barusan beli TV LED ukuran 32 inch, 40 inch kemudian digunakan untuk nonton siaran TV analog alias siaran TV Lokal ?
lcdtv

Waah.. sayang sekali donk.. TV udah canggih, cuma dipake nonton siaran analog. Jangan bilang bisa dipake nonton VCD,   hehehe.. hari gini nonton VCD ..??

Ya nggak lah bos.. saya pake DVD Player di rumah.. VCD nda laku lah..!!

yaaaah…. kelamaan bertapa di gunung!!

ok, mari kita liat perbandingan kerapatan gambarnya

VCD
352×240 atau 352×288
DVD-Video 720×576 atau 720×480
BDMV sampai 1920×1080
LCD TV Anda 1366×768 atau 1920×1080 (Full HD)

Nah sudah liat khan?

Kemampuan LED TV HD masih di atas DVD. Sayang sekali jika LED TV hanya dipake buat muter VCD yang jadul itu. Hanya BDMV alias Blu-ray Disc Movie yang dapat memaksimalkan LED TV Anda. Sayangnya harganya masih cukup mahal baik Playernya maupun Disc nya.

HDMI-cableKalau kalian sudah punya LED TV, film atau v-klip hasil download cukup disimpan ke Flashdisk ataupun Harddisk. Kemudian masukkan flashdisk ke colokan USB yang ada di LED TV, maka film atau v-klip nya bisa langsung bisa tayang di layar TV kita.

Namun, tidak semua LED TV bisa memutar film atau v-klip hasil downloadan. Hal ini karena keterbatasan software / program LED TV.

Alternatifnya adalah memutar film / v-klip tadi melalui Laptop/komputer. Jika ingin ditonton di layar LED TV, tinggal menambah kabel HDMI.  agar didapatkan hasil yang maksimal (jangan pake kabel video biasa).


Bentuk kabelnya seperti gambar disamping ini. Hampir semua laptop keluaran 2010 ke atas sudah menyertakan Port HDMI untuk disambungkan ke LCD TV.

Setelah disambung, jadi bisa nonton film / v-klip di layar besaaaar… dan tentu saja Video HD nya tinggal diputar dilaptop, untuk dinikmati di LED TVnya seperti gambar di bawah ini.

laptop-tv

Bagaimana jika kita tidak punya Laptop, sementara LED TV juga gak bisa muter film/v-klip hasil downloadan tadi? Yuk simak cara kedua.  

CARA KEDUA : MENONTON VIA MEDIA PLAYER

Cara kedua ini adalah menggunakan Media Player. Bentuknya seperti ini :

PBO2
pbo-back

Media Player bisa memutar Film, MP3, dan menampilkan gambar yang ada di Flashdisk atau Harddisk External USB. Bisa juga memasukkan harddisk ukuran harddisk laptop di dalamnya, untuk kemudian PBO ini dijadikan USB disk alias Harddisk External.  Fungsi Media Player ini sama seperti DVD Player, cuma tidak menggunakan CD. Alat ini hanya bisa membaca Flashdisk, Memory Card, dan Harddisk hingga 2 Tera Bite (2.000 Gyga Bite).

Untuk memutar film/v-klip cukup colokkan flashdisk atau Hard Disk Ekternal ke colokan USBnya. Untuk menghubungkan dengan TV, tinggal colokkan kabel AV atau HDMI dari TV ke Media Player, maka kalian sudah bisa menonton film kesayangan. Selain itu, ukurannya yang cukup mungil (sekitar 15 cm x 15 cm dengan ketebalan 2 cm), memudahkan untuk dibawa kemana saja.
Format Video yang dapat diputar tidak tanggung-tanggung… [MPEG-1] MPG/MPEG/DAT, [MPEG-2] MPG/MPEG/VOB/ISO/TS/TP/M2TS, [MPEG-4] MP4/AVI/MOV, WMV9, FLA, [H.264 - H.265/AVC] MKV/TS/AVI/MOV/M2TS, [DviX 3/4/5/6, Xvid] AVI/MKV, [Real Video 8/9/10] RM/RMVB.
Membingungkan ? Pokoknya, hampir segala macam format file video bisa diputar, bahkan video dari youtube juga bisa diputar dan yang paling penting bisa memutar Video full HD !!

Bagaimana dengan harganya?

Harganya cukup murah dan bervariasi. Mulai harga 300 ribu hingga 2 juta rupiah. Biasanya yang harga di atas 700 ribu sudah ada fasilitas wi-fi nya, sehingga bisa langsung konek ke youtube atau web streaming.

CARA KETIGA: MENONTON VIA ANDROID TV BOX

Apa itu Android TV BOX?

Android TV BOX sebenarnya adalah komputer mini dengan sistem operasi ANDROID. Semacam Hape Android tetapi tidak memiliki layar. Layarnya menggunakan TV atau LED TV yang dihubungkan melalui kabel AV atau HDMI.




Fungsinya sama seperti Media Player, namun lebih canggih lagi, yaitu bisa online melalui wifi atau pasang aplikasi Sosmed (Whatsapp, BBM, FB, Twitter, Instagram dll), Game, atau aplikasi lainnya. Seperti yang saya bilang tadi, Android TV Box ini adalah Hape android dalam bentuk kotak tanpa layar dan harus dihubungkan dengan TV untuk menggunakannya.

Tentang kemampuannya? Ya sama dengan hape Android, dan lebih di khususkan untuk multimedia. Jenis file film / video apa saja bisa dibaca sama Android TV Box ini. Full High Devinition bahkan sudah mendukung video 4K. Kemampuan membaca Hard Disk eksternal hingga 4 Tera Byte.

Di pasaran, Android TV Box termurah yang kami temui seharga Rp. 250.000,- merk MX-Q 4K.

Setelah menikmati tayangan full HD, rasanya jadi malas kalo mau nonton film yang kualitasnya cuma DVD. Ayo tinggalkan DVD, dan saatnya menikmati film dan video High Devinition. (uziek)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url