8 Janda Cantik Di Film India Masa Kini

FilmIndia.my.id -- Bollywood menikmati kebebasan membuat film dan menyebutnya sebagai seni. Sementara beberapa sineas mungkin telah mendapatkan penghargaan untuk menyebut diri mereka seniman, beberapa lainnya telah gagal total.

Dalam masyarakat yang sebagian besar didominasi oleh cara patriarki, tidak mengherankan bahwa film-film sebelum tahun 90-an dibuat untuk menggambarkan para janda sebagai orang yang lemah lembut dan menyedihkan, --kecuali seperti Nargis Dutt di film Mother India. 

Tapi di masa kini, kesan itu sudah mulai berubah. Ada jejak film berorientasi wanita/janda di masa sekarang pada film Bollywood yang tidak lagi diperlakukan sebagai wanita lemah. 

Hari Janda Internasional diperingati setiap tanggal 23 Juni setiap tahunnya dimulai sejak tanggal 23 Juni 2011. Sebagai sumber inspirasi penetapan hari janda, inilah 8 film India yang menceritakan tentang sosok 'janda', yang berjuang untuk mengubah nasibnya, sekaligus mengubah stigma masyarakat (India khususnya); bahwa janda bukanlah aib dan nasib sial.

1. Madhuri Dixit dalam film Mrityudand

Mrityudand (1997) adalah karya Prakash Jha dan merupakan salah satu film paling berani yang dibintangi oleh Madhuri Dixit. Karakter Ketki yang diperankannya berjuang melawan ketidakadilan tuan tanah desa untuk membalas kematian suaminya. Tak hanya itu, Ketki (Madhuri Dixit) bersama dua janda lainnya yaitu Chandravati (Shabana Azmi), dan Kanti (Shilpa Shirodkar) harus menghadapi hukuman mati karena telah berani berbicara dan mengkritisi dominasi laki-laki dan budaya patriarki yang berlaku di masyarakat India.


2. Lisa Ray dalam film Water

Film Deepa Mehta berjudul Water (2005) mengulas dilema sekelompok janda yang tinggal di Ashram (Asrama Janda di tepi sungai Gangga) dengan tokoh utama Chuiya dan Kalyani. Chuiya adalah bocah 9 tahun yang dipaksa menikah oleh orang tuanya. Tak lama setelah menikah, Chuiya ditinggal mati oleh suaminya, dan resmi menjadi janda di usia belia. Sebagaimana ada di India kala itu di tahun 1938, setiap janda harus meninggalkan rumah dan tinggal di asrama bersama janda-janda yang lain. Di asrama itu, Chuiya bertemu dengan Kalyani (Lisa Ray), janda muda yang cantik. 

Untuk membiayai kebutuhan asrama, seringkali pengelola asrama menjual penghuni asrama kepada lelaki hidung belang, atau tampil di pusat-pusat hiburan. Disanalah, Kalyani bertemu dengan Narayan (John Abraham) dan mulai jatuh cinta. 

Water banyak bercerita tentang beban berat status janda di masyarakat India, dan bagaimana perjuangan mereka untuk tetap bertahan hidup. Bahkan berjuang untuk eksistensi diri sebagai manusia.

3. Katrina Kaif dalam film Rajneeti

Katrina Kaif berperan sebagai janda dari Arjun Rampal. Arjun yang merupakan petinggi politik meninggal dalam ledakan bom meninggalkan Katrina sendirian. Sebagai seorang janda, Kaif harus berjuang menghadapi tekanan politik, sosial, dan juga pertempurannya untuk mengikuti pemilihan umum dan menjadi Ketua Menteri berikutnya.

4. Ayesha Takia dalam film Dor

Dor disutradarai oleh Nagesh Kukunoor memiliki pesan mendasar tentang pembebasan perempuan. Ayeha Takia menjalani kehidupan yang terkekang sebagai seorang janda di rumah mertuanya. Tetapi Ayesha akhirnya bisa mengumpulkan cukup keberanian untuk melarikan diri dari rumah mertuanya demi untuk menemukan kehidupannya sendiri.

5. Bipasha Basu dalam film Aatma

Di film Aatma, Bipasha Basu memerankan seorang ibu muda yang tinggal bersama putrinya. Keduanya mulai mengalami pengalaman mengerikan dari kehadiran roh halus dalam kehidupannya. Pada akhirnya Basu menyadari bahwa itu adalah roh suaminya, diperankan oleh Nawazuddin Siddiqui. Roh itu kembali untuk mengambil putrinya.

6. Aishwarya Rai dalam film Chokher Bali

Berdasarkan novel Rabindranath Tagore, Chokher Bali bercerita tentang seorang janda yang melakukan hubungan seksual dan romantis dengan seorang pria yang bukan suaminya. Terbungkus saree putih, dia tidak menyesal tentang keinginannya dan tertawa kapan pun dia mau. Film ini tidak mengabaikan pengucilan sosial dan penindasan terhadap para janda, tetapi melukiskan karakter utama dalam nuansa abu-abu yang lebih bernuansa daripada hitam atau putih yang mencolok. 


7. Sania Malhotra dalam film Pagglait

Pagglait bercerita tentang Sandhiya, yang tidak pernah sedih saat suaminya meninggal dan dia resmi menyandang status janda. Bahkan Sandhiya terang-terangan menentang keluarga besar suaminya yang berusaha merebut uang jaminan asuransi yang ditinggalkan oleh suaminya. 


8. Madhuri Dixit dalam film Gulaab Gang 

Di Gulaab Gang, Madhuri Dixit memimpin para janda yang tertindas untuk melawan politisi (Juhi Chawla) yang korup dan menindas mereka.



Itulah 8 film tentang janda di India dengan penggambaran wanita yang lebih berani, menentang norma sosial, dan tuntutan bahwa wanita dengan suami yang sudah meninggal juga berhak untuk mendapatkan perlakuan manusiawi yang sama dari lingkungan, masyarakat, dan bahkan dunia.

 

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Annchi
    Annchi 21 Oktober 2021 06.06

    Wwoww,, aku kaget bener pas ada musicnya, padahal lagi nyetel music kpop, kok tiba tiba adaa music india, hahaha, ternyata karna laman ini, makasihh ya informasinya, soalnya aku suka banget sama music di film Dor.

Add Comment
comment url