Review Film: Sardar Ka Grandson (2021)

FilmIndia.my.id - Platform digital telah menjadi anugerah bagi banyak film keren untuk dijangkau secara lebih luas. Tak terkecuali film drama keluarga ini juga masuk ke platform digital/OTT. SARDAR KA GRANDSON, yang telah dirilis hari ini di Netflix. Trailer filmnya tersebut telah memicu rasa ingin tahu penonton. Lantas apakah SARDAR KA GRANDSON berhasil menghibur dan menyentuh hati pemirsa? Atau apakah film ini gagal untuk mengesankan? Mari kita simak reviewnya analisa.

Sinopsis Film India Sardar Ka Grandson

SARDAR KA GRANDSON adalah kisah tentang seorang cucu yang berbakti yang berusaha memenuhi keinginan terakhir neneknya yang sedang sakit. Amreek (Arjun Kapoor) tinggal di Los Angeles bersama pacarnya Radha (Rakul Preet Singh). Keduanya menjalankan perusahaan kurir bernama 'Gently Gently'. Amreek memiliki sikap santai dan riang, tapi dia tidak suka untuk mengakui kesalahannya. Ini mempengaruhi pekerjaannya dan juga hubungannya dengan Radha. 

Muak dengan perilakunya, Radha putus dengannya. Amreek merasa sangat terpukul. Di saat itulah ayahnya, Gurkeerat alias Gurki (Kanwaljit Singh) memanggilnya pulang ke Amritsar, Punjab. Dia memberi tahu Amreek bahwa dia harus segera kembali karena neneknya, Sardar (Neena Gupta), sakit keras. 

Sardar, 90 tahun, menderita tumor. Para dokter menasihati Gurki agar mereka membawanya pulang. Operasi pada usia ini bisa berakibat fatal. Gurki menyadari Sardar tidak punya banyak waktu tapi dia menyembunyikan fakta ini dari Sardar. 

Sardar punya keinginan. Dia ingin pergi ke Lahore, Pakistan dan mengunjungi rumah yang dia bangun bersama suaminya, Gursher Singh (John Abraham) pada tahun 1946. Setahun setelah membangun rumah itu, Gursher meninggal saat melawan para perusuh. Namun Sardar lolos dan mencapai India. Sejak itu, dia kehilangan Gursher dan rumahnya. 

Oleh karena itu, keinginannya untuk mengunjungi Pakistan adalah agar dia dapat melihat rumah kenangannya. Sardar memberi tahu Amreek tentang hal itu. Gurki menasihati Sardar bahwa dia tidak bisa bepergian dalam kondisi sakit ini. Tapi Amreek menyadari betapa keinginan Sardar ini sangat berarti baginya. Dia berjanji padanya bahwa dia akan membantu memenuhi keinginannya. 

Amreek mencoba mendapatkan visa. Namun, permintaannya ditolak karena Amreek masuk daftar hitam di Pakistan. Ini karena beberapa tahun yang lalu, Amreek telah menyerang seorang pejabat Pakistan, Saqlain Niazi (Kumud Mishra) ketika dia menonton pertandingan kriket antara India vs Pakistan. 

Saat itulah Amreek mengetahui bahwa bangunan bisa direlokasi. Banyak orang telah berhasil mengangkat sebuah rumah dan memindahkannya ke lokasi lain. Amreek meminta bantuan dari pemerintah India dan Pakistan untuk misinya. Kedua pihak bersedia untuk membantunya. Amreek kemudian memutuskan untuk mengunjungi Lahore. Tapi Amreek menyembunyikan rencananya dari Sardar. Dia takut jika dia gagal dalam usahanya nanti, dia akan patah hati. Makanya, Amreek berpura-pura kembali ke Los Angeles di depan Sardar. 

Amreek tiba di Lahore dan berhasil menemukan rumah Sardar. Tapi saat dia sampai di sana, dia melihat bahwa pemerintah lokal akan menghancurkan bangunan itu! 

Apa yang terjadi selanjutnya?

Review Film India Sardar Ka Grandson

Kisah Anuja Chauhan dan Kaashvie Nair ini cukup menjanjikan. Dua penulis ini berhasil memberi momen emosional. Dan itu cukup sukses menutupi sebagian besar kekurangan. Juga, pesan moral untuk hubungan antara India dan Pakistan tersampaikan dengan baik. Dialog Amitosh Nagpal selaras dengan mood film dan ciri kepribadian karakter. 

Arahan Kaashvie Nair ini luar biasa. SKG bukanlah film yang mudah, tapi Kaashvie sukses membuat adegan emosional dan dramatis. Karakter Sardar adalah jiwa dari film ini, dan orang dapat dengan mudah terhubung dengan masa lalunya yang tragis dan keinginannya untuk melihat rumahnya di Lahore. 

Namun beberapa adegan tidak logis. Misalnya, rumah Sardar dibiarkan tak tersentuh selama 70 tahun di perkampungan padat. Bahkan, ketika Amreek pertama kali masuk ke dalam rumah tersebut, harusnya rumah tersebut dalam kondisi lusuh. Chhote (Mir Mehroos) yang membantu Amreek, cukup menyentuh. Tetapi mengapa dia melakukannya? Mengapa dia menentang pembongkaran bangunan itu? Apa latar belakangnya tidak pernah dijelaskan.

SARDAR KA GRANDSON tidak terlalu asyik di bagian permulaan. Perlu beberapa saat untuk membiasakan diri dengan kepribadian dan perilaku Amreek. Tapi segalanya menjadi lebih baik begitu dia tiba di Amritsar. Interaksinya dengan Sardar sangat menyenangkan. Babak kedua dimulai saat Amreek mencapai Lahore. 

Arjun Kapoor memberikan penampilan yang sangat bagus. Mungkin inilah performa terbaiknya dalam 3-4 tahun terakhir. Terutama di babak kedua, dia melakukan aksi yang sangat bagus. Neena Gupta juga sangat menggemaskan. Rakul Preet Singh hampir tidak terlihat di babak pertama dan cukup mengesankan di babak kedua. Kanwaljit Singh dapat diandalkan seperti biasa. Kumud Mishra hebat sebagai antagonis. Shahid Lateef (polisi Pakistan Rauf Khalid) sangat tepat untuk peran itu. Terakhir, John Abraham dan Aditi Rao Hydari (Sardar Muda) terlihat imut di adegan flashback.

Musik Tanishk Bagchi lumayan, cukup selaras dengan narasinya. 'Naal Rab Ve' adalah lagu terbaik, dinyanyikan dengan baik oleh Divya Kumar. 'Dil Nahin Todna' berfungsi sebagai lagu pembuka yang bagus. 'Main Teri Ho Gayi' cukup manis. Sedangkan 'Jee Ni Karda' cukup familiar di telinga para Nitnuter, jadinya ingin ikutan goyang.

Make-up prostetik buatan Subhash Shinde untuk Neena Gupta cukup meyakinkan. meskipun itu bisa sedikit lebih realistis. VFX Futureworks cukup bagus. Banyak VFX digunakan di bagian akhir film. 

Secara keseluruhan, SARDAR KA GRANDSON adalah kisah yang menghangatkan hati dan menyentuh. Mungkin tidak logis di beberapa tempat, tetapi kekurangan ini bisa ditutupi dengan rasa emosional, pesan, dan klimaks yang menyentuh. Dan tentu saja berkat penampilan aktor dan kru yang mampu bekersama dengan baik. Selain itu, Sardar Ka Grandson adalah film hiburan yang bersih dan layak untuk ditonton bersama seluruh keluarga Anda. 

Direkomendasikan!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url