Review Film: Pagglait (2021) Tayang Di Netflix

Film Bollywood 2021 'Pagglait' yang disutradarai oleh Umesh Bist mengeksplorasi emosi & aspirasi seorang ibu rumah tangga bernama Sandhya yang menjadi janda dalam waktu 5 bulan setelah pernikahannya karena kematian suaminya yang masih muda. Rumah leluhur mertuanya dipenuhi dengan kerabat, semuanya berduka atas kematian. Tapi Sandhya tidak bisa menitikkan air mata, seolah-olah tidak ada yang terjadi. Seorang kerabat dengan hati-hati menyebut Sandhya dengan 'PTSD' (Post Trauma Shyndrome -gangguan stres pascatrauma).

Lebih buruk lagi, dia menemukan foto seorang gadis cantik di lemari mendiang suaminya, membuatnya bertanya-tanya apakah dia telah selingkuh??? Sandhya kemudian mencari tahu lebih banyak tentang gadis itu. Keduanya mulai bertemu. Semua ini terjadi saat upacara kematian 13 hari untuk sang suami. 

Segalanya berubah dramatis ketika agen asuransi memberi tahu keluarga besar bahwa Sandhya adalah satu-satunya penerima asuransi atas kematian mendiang suaminya, sebesar Rs 50 lakh.

Sutradara Umesh Bist dengan cerdik menangkap politik keluarga India dan bagaimana uang dapat membuat orang asing menjadi saudara. Dari seorang janda yang menyedihkan, yang tidak seorang pun benar-benar ingin bertanggung jawab atas kesendiriannya… Sandhya menjadi target utama untuk diperas. Pagglait, yang secara harfiah berarti wanita gila, ironisnya adalah film yang sangat waras tentang seorang wanita muda yang mencoba bersuara sesuai dengan keadaannya. Seorang wanita yang pada awalnya pasrah dengan keinginan keluarganya, tetapi sekarang melihat peluang untuk berbuat lebih banyak, seorang wanita yang tidak ingin bergantung pada siapa pun.

Film ini adalah perayaan tentang persahabatan wanita, sahabat Sandhya, yang selalu di sisinya, berdiri di sisinya dalam setiap perubahan suasana hati dan keinginannya. Sayani Gupta, cameo kecilnya sebagai 'wanita lain', adalah suguhan menarik untuk ditonton bahkan dalam adegan kecilnya. Banyak penonton yang bisa merasakan perseteruan dalam keluarga, dan ritual kematian yang biasa terjadi dalam masyarakat India, dapat ditampilkan dengan baik melalui film tersebut.

Musik dalam film sebagian besar digarap oleh Arijit Singh, trek yang lembut-merdu, dengan lirik yang selaras dengan plot yang sedang berlangsung di layar, menambah banyak kedalaman pada penceritaan. 

Pagglait itu lucu, unik, emosional, dan mengharukan, dengan klimaks yang memuaskan. Sandhya bukannya tanpa kekurangan, bahkan dia sempat menyerah pada ledakan kecil, tapi dia menyadari kelemahannya dan tidak takut untuk meminta maaf dan melanjutkan hidupnya. Dan itulah inti dari film ini - tentang memperbaiki kesalahan di masa lalu dan move on untuk hari-hari yang lebih cerah dan lebih baik.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url