RANGEELA - 50 Fakta Menarik Yang Wajib Diketahui

Film berjudul Rangeela ini dirilis pada tahun 1995 dibintangi oleh Aamir Khan, Jackie Shroff, dan Urmila Matondkar. Disutradarai oleh Ram Ghopal Varma dengan musik digarap oleh A.R. Rahman, menjadikan film Rangeela sebagai salah satu film visioner yang melampaui jamannya.

Berikut 50 fakta tentang film Rangeela yang kami rangkum khusus untuk pecinta bollywood di Indonesia :

(01) Rangeela artinya penuh warna, film ini bercerita tentang cinta segitiga antara pemuda jalanan, gadis pemimpi dan bintang film.

(02) Film karya Ram Gopal Varma ini dirilis pada tanggal 8 September 1995.

(03) Dengan budget 4,5 crore, film ini menghasilkan 33,4 crore di box office dan dinyatakan sebagai salah satu film terlaris Bollywood tahun 1995.

(04) Sebelum Mast, Rangeela adalah film drama musikal pertama yang dibuat Ram Gopal Varma, selanjutnya dia fokus pada film genre thrriler dan gangster.

(05) Rangeela meraih sukses secara komersial dan mendapat banyak pujian dari para kritikus film di India.

(06) Film ini pertama kali diputar pada penyelenggaraan Festival Film Internasional India di Kanada.

(07) Rangeela menginspirasi film Hollywood yang berjudul Win A Date With Tad Hamilton.

(08) Di ajang Filmfare Awards 1996, Rangeela meraih tujuh penghargaan untuk kategori aktor pendukung terbaik (Jackie Shroff) koreografi terbaik (Ahmed Khan) kostum terbaik (Manish Malhotra) kisah terbaik (Ram Gopal Varma ) musik terbaik (AR Rahman) penghargaan RD Burman (Mehboob) dan penghargaan khusus (Asha Bhosle) untuk lagu Tanha Tanha.

(09) Nama Rangeela ditujukan untuk karakter Munna yang diperankan Aamir Khan, tapi Urmila Matondkar dengan karakter Mili menjadi sinonim setelah film meraih sukses, aktris mungil dan manis ini populer dengan julukan Rangeeli.

(10) Urmila Matondkar bukan pilihan pertama untuk karakter Mili, awalnya sutradara menginginkan Sridevi untuk peran tersebut, tapi dia menolak karena sibuk syuting film lain.

(11) Setelah si mata bola, Sridevi menolak, Ram Gopal Varma menawarkan tokoh utama kepada Manisha Koirala dan dia pun menolaknya.

(12) Untuk masuk ke tokoh Munna, Aamir Khan menghabiskan waktunya bersama Real Taporis di daerah kumuh Mumbai, dia mempelajari dialog dan bahasa tubuh untuk kesempurnaan karakternya.

(13) Ram Gopal Varma tidak suka dengan koreografi Saroj Khan untuk lagu Tanha Tanha, akhirnya dia menunjuk Ahmed Khan untuk koreografi lagu lainnya, ternyata koreografi Saroj Khan di lagu tersebut menjadi perbincangan dan mendapat pujian luas.

(14) Pada kredit film, sederet aktor dan aktris legendaris dipajang sebagai tanda cinta dari Ram Gopal Varma untuk industri film yang berarti bahwa Rangeela didedikasikan untuk keindahan bioskop India.

(15) Dalam sebuah wawancara, Aamir Khan berkata bahwa dia tidak menyukai alunan musiknya ketika pertama kali mendengarnya.

(16) Asha Bhosle menyatakan bahwa dia tidak terlalu suka dengan lagu-lagunya saat dinarasikan kepadanya.

(17) Pembuat film, Madhur Bhandarkar tampil cameo sebagai asisten direktur Steven Kapoor yang diperankan Gulshan Grover.

(18) Aamir Khan berhenti menghadiri acara Filmfare Awards setelah gagal meraih penghargaan aktor terbaik untuk penampilannya di film ini.

(19) Sebelum film Rangeela, Aamir Khan kecewa karena gagal meraih gelar aktor terbaik Filmfare Awards untuk film Jo Jeeta Wohi Sikandar dan Hum Hain Rahi Pyar Ke, saat itu penghargaan jatuh ke tangan Anil Kapoor untuk film Beta dan Shahrukh Khan untuk film Baazigar.

(20) Aamir Khan dan Ram Gopal Varma terlibat perang dingin dan bersumpah tidak akan bekerjasama lagi setelah film ini.

(21) Di lokasi syuting, Aamir Khan kecewa pada Urmila Matondkar karena sutradaranya lebih mengistimewakan aktrisnya.

(22) Setelah film Rangeela, Urmila Matondkar menjadi aktris kesayangan Ram Gopal Varma, dia membintangi banyak film yang disutradarainya.

(23) Sebagian besar kostum yang dipakai Aamir Khan miliknya sendiri, ada beberapa baju bekas yang diberikan oleh temannya, bahkan dia meminjam kemeja lusuh pembantunya demi kesempurnaan karakternya.

(24) Rangeela adalah satu-satunya film yang mempertemukan Aamir Khan dan Urmila Matondkar.

(25) Penyanyi cilik, Aditya Narayan, putra Udit Narayan tampil cameo lewat lagu pembuka, Rangeela Re.

(26) Rangeela adalah film Hindi pertama bagi AR Rahman, lewat film ini dia meraih penghargaan penata musik terbaik Filmfare Awards pertamanya.

(27) Berkat film ini, karir Urmila Matondkar melambung tinggi, dia mendapat predikat bomsex menggantikan posisi Mamta Kulkarni.

(28) Film ini menandakan Asha Bhosle agar namanya tidak dicantumkan lagi sebagai nominator penyanyi playback terbaik Filmfare Awards.

(29) Aamir Khan pernah berkata bahwa Rangeela adalah salah satu film yang menampilkan akting terbaiknya.

(30) Saat nominasi diumumkan, Shahrukh Khan ternyata menjagokan Aamir Khan yang akan menyabet penghargaan aktor terbaik Filmfare Awards 1996 dalam film Rangeela.

(31) Manish Malhotra menjadi perancang busana terkenal setelah mendesain kostum yang dipakai Urmila Matondkar di film ini.

(32) Salman Khan dipertimbangkan untuk karakter yang diperankan Jackie Shroff, Anil Kapoor juga ditawari peran tersebut tapi menolak karena bentrok tanggalnya.

(33) Raveena Tandon dan Ashwini Bhave menjadi pilihan untuk pemeran utama wanita tapi gagal karena dianggap tidak sesuai dengan karakternya.

(34) Pada salah satu adegan, Urmila Matondkar membesarkan bola matanya, sejak awal Ram Gopal Varma ingin karakter Mili diperankan Sridevi.

(35) Penampilan tapori John Abraham dalam film Welcome Back terinspirasi dari tampilan Aamir Khan dalam film Rangeela.

(36) Musik soundtrack film ini diluncurkan oleh Kareema Rahman, ibu AR Rahman pada bulan September 1995.

(37) Pada satu adegan, Gulshan Grover menyebut judul film Hum Aapke Hain Koun, ini adalah parodi untuk para pembuat film yang semuanya menceritakan kisah palsu tentang prestasi mereka di industri Bollywood.

(38) Sebelum jatuh ke tangan Aamir Khan, Shahrukh Khan ditawari tapi menolak karena merasa tidak cocok dengan karakter tapori, saat itu dia sedang mengembangkan citra romantis di film Dilwale Dulhania Le Jayenge.

(39) Ram Gopal Varma pernah berkata bahwa Rangeela adalah film terburuk sepanjang karirnya sebagai sutradara.

(40) Karakter Steven Kapoor yang diperankan Gulshan Grover menceritakan tentang sutradara Bollywood yang ingin menyaingi sutradara Hollywood, ini adalah parodi untuk sutradara Hollywood, Steven Spielberg dan sutradara Bollywood, Shekhar Kapoor.

(41) Penampilan tapori Aamir Khan dan penampilan glamor Urmila Matondkar sangat terkenal dan menjadi tren di kalangan remaja saat itu.

(42) Saat syuting film ini, Urmila Matondkar bukan penari yang terlatih, dia mengalami banyak pengulangan pada gerakan tariannya.

(43) Irama musik lagu Hai Rama mirip dengan alunan musik Tamil, grup hip hop Black Eye Peas menjiplak lagu tersebut untuk lagu mereka yang berjudul Mare.

(44) Remo D'Souza tampil sebagai penari latar di lagu Rangeela Re, kini dia telah menjadi koreografer dan sutradara terkenal di Bollywood.

(45) Karakter Munna yang diperankan Aamir Khan didasarkan pada preman jalanan yang dikenal Ram Gopal Varma di Hyderabad.

(46) Topi yang dipakai Aamir Khan di film Rangeela adalah topi yang dikenakannya di film Andaz Apna Apna.

(47) Bollywood Brass Band melakukan versi instrumental dari semua lagu di film ini yang disebut sebagai Rangeela Medley di album Rahmania.

(48) Ram Gopal Varma dan Urmila Matondkar bekerjasama untuk yang pertama kalinya di film Drohi, saat koreografer tidak muncul untuk adegan lagu di film tersebut, dia bertanya kepada Urmila Matondkar apakah siap menari sendiri tanpa koreografer, ternyata dia setuju dan melakukan pekerjaannya dengan baik, saat itulah sutradara tersebut memutuskan untuk membuat film Rangeela dengan Urmila Matondkar.

(49) Setelah meraih penghargaan aktor terbaik Filmfare Awards 1996 untuk film Dilwale Dulhaniya Le Jayenge, Shahrukh Khan berkata "Aku ingin menjadi komedian seperti Govinda (Coolie No 1) aku juga ingin berlaga seperti Ajay Devgan (Naajayaz) aku pun ingin bergaya seperti Salman (Karan Arjun) bahkan aku ingin sempurna seperti Aamir Khan (Rangeela) mereka adalah aktor terbaik dan aku banyak belajar darinya"

(50) Rangeela adalah salah satu film Aamir Khan yang fenomenal dan akan terkenang sepanjang masa bagi para penggemarnya di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

"Artikel ini saya rangkum dari berbagai sumber, beberapa kalimat sudah direvisi agar mudah dibaca, isi artikel tidak lari dari sumber aslinya"

SARING SEBELUM SHARING 😉😉😉


Postingan ini telah terbit di BMCI oleh Ucietiya Dyadra
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url