Review Series ILLEGAL Justice Out Of Order (2020)

Review Series ILLEGAL Justice Out Of Order (2020)

Neha Sharma, artis bollywood yang memiliki ciri khas jidat nonong ini telah beberapa kali berperan di film-film layar lebar Bollywood. Beberapa diantaranya yang populer adalah film Youngistan dan Tum Bin 2. 

Kali ini, Neha Sharma mencoba peruntungan di jalur digital. Melalui sebuah seri ruang sidang dan seluk beluk dunia hukum, Neha Sharma berperan sebagai Niharika Singh. Dia juluki sebagai Pengacara Gila

Rilis di jaringan VOOT pada 12 Mei 2020, Illegal - Justice Out of Order dikemas dalam bentuk seri dengan durasi rata-rata 30 menit. Di musim pertama ini terdiri dari 10 episode. Ada banyak kasus yang ditangani oleh Niharika, hingga pada akhirnya dia disebut si Pengacara Gila.

Bagaimana kisah si 'Pengacara Gila' ini? Yuk, simak ulasannya.

Sinopsis Series Illegal Justice Out Of Order Season 1

Niharika Singh (Neha Sharma) adalah pengacara muda yang idealist. Saking idealisnya, dia rela mempertaruhkan karirnya. Karena idealismenya ini, dia dipecat dari firma hukum tempat dia berkarir di Bangalore. 

Mencoba peruntungan nasibnya, Niharika pindah ke New Delhi. Pengacara senior Janardhan Jeitley (Piyush Mishra) langsung menerima Niharika di firma hukum JJ. Kecerdasan Niharika di wawancara awal telah memikat Janardhan.

Kasus pertama yang dilimpahkan kepada Niharika adalah kasus seorang wanita bernama Maheer Salam yang telah divonis hukuman mati 15 tahun yang lalu. Maheer dituduh membunuh 4 anggota keluarganya. Namun, sejak divonis, hukuman mati itu tak pernah dilakukan oleh negara, karena negara belum pernah mengekskusi mati narapidana wanita.

Belum sempat menyelidiki kasus Maheer, mendadak Niharika juga harus membela kasus pelecehan seksual di tempat kerja oleh Neeraj Shekawat, putra konglomerat Surya Shekawat. Pengacara idealis yang selalu membela hak-hak wanita itu, kini harus membela seorang pria yang dituduh melakukan pelecehan seksual.

Niharika bisa saja menolaknya, dan dia telah lakukan penolakan itu. Namun beberapa fakta mengejutkan Niharika untuk tidak berpaling dan merasa harus membela kasus itu.

Fakta apakah itu? Dan bagaimana dengan kasus wanita malang bernama Maheer Salaam? 

Saksikan dalam ILLEGAL - JUSTICE, OUT OF ORDER.

Review Series Illegal Justice Out of Order Season 1

Drama ruang sidang selalu memberikan ketegangan yang bisa membuat penontonnya berpikir keras, dan juga menyerap ilmu baru dari serentetan pasal hukum dan argumen-argumen cerdas antara jaksa penuntut dan pembela. Adu cerdas kedua-belah pihak akan memberikan wawasan baru bagi penonton. 

Kasus pelecehan seksual bukan hal baru di cinema bollywood. Section 375 dan Pink adalah dua film yang mengangkat tema ini. Tetapi Illegal menyajikannya dengan pendekatan yang berbeda. Illegal memberikan sisi emosional lebih mendalam dibanding Section 375 ataupun Pink.

Debat ruang sidang menjadi hanya sekedar adegan drama yang seharusnya ada dalam sebuah film bergenre ini. Illegal lebih banyak menyoroti sisi emosional para tokohnya dalam menangani sebuah kasus.

Tak hanya investigasi yang melelahkan dan rumit, Illegal juga menghadirkan sub-plot tentang politik, persaingan usaha, carut-marutnya sistem peradilan, cinta segitiga, penghianatan, bahkan juga tentang perjalanan panjang menuju kedewasaan. Sangat menarik untuk dilewatkan.

Neha Sharma berperan bagus. Jidatnya yang nonong itu semakin mempertegas karakternya sebagai seseorang yang keras kepala dan juga pemikir keras. Wajah cantiknya juga bisa menyuguhkan karakter seorang wanita yang lemah, bimbang, dan juga galau.

Piyush Mishra sebagai pimpinan biro hukum JJ, tampil elegan, tegas, dingin, dan juga culas. Setiap gerak matanya, akan membuat penonton seakan ikut berpikir langkah apa yang akan dia lakukan selanjutnya.

Yang monoton adalah penampilan Akshsay Oberoi sebagai Akshay Jaitley, putra Janardhan Jaitley. Ekspresi bimbang, marah, berpikir, ataupun sedih, hampir sama.

Para pemeran pendukung lainnya sudah cukup meyakinkan, terutama tokoh Vartika si korban pelecehan dan Maheer Salaam si wanita terpidana hukuman mati.

Orang di balik Illegal ini adalah Vikram Bhatt dan Sahir Raza. Namun Sahir Raza lebih banyak menangani setiap episodenya. Ada beberapa kekurangan khususnya tentang setting lokasi. Meski Illegal berlokasi di Delhi, selain India Gate, tak ada lokasi yang mengindikasikan syuting film ini di Delhi. 

Terlihat 90% adegan menggunakan latar ruangan; kantor, kafe, ruang sidang, penjara, dan rumah. Bahkan beberapa surat kabar masih terlihat terbitan Mumbai, bukan Delhi. 🤭.


~o0o~

Drama Ruang Sidang Keren

Sebagai sebuah serial, Illegal telah mengawalinya dengan sangat baik. Tak ada tokoh yang benar-benar baik di film ini. Bahkan Niharika pun beberapa kali harus meruntuhkan idealismenya demi sebuah kompromi, termasuk kompromi hukum.

Seperti kalimat pembuka yang dinarasikan oleh Niharika Singh di awal serial ini, 

"Justru orang-orang yang ahli di bidang hukum adalah pakar pelanggar hukum". 

Dan Niharika melakukannya di sesi perdana ini. Tak sabar menanti sesi kedua, semoga jauh lebih baik.

 

Apa pendapatmu tentang Review Series ILLEGAL Justice Out Of Order (2020)? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url