REVIEW FILM THE SKY IS PINK

Aisha Chaudhary adalah seorang motivator dan penulis yang menderita kelainan genetik langka yang akhirnya meninggal ketika dia baru berusia 18 tahun. Film ini bercerita tentang perjuangan kedua orangtuanya untuk mempertahankan hidupnya, dan juga perjuangan dirinya sendiri dalam bertahan hidup dari penyakit yang tidak dapat disembuhkan. 
 
Aisha Chaudhary (Zaira Wasim) menceritakan kisah dirinya semasa hidup. Dia adalah seorang remaja yang ceriwis tapi memiliki semangat hidup. Dia suka mengomentari segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Mulai dari kehidupan orangtuanya, kelakuan kakak laki-lakinya Ishaan (Rohit Saraf), dan seluruh perjuangan keluarganya hingga malapetaka itu terjadi pada kehidupan mereka. Dia menyoroti harapan dan keinginannya sendiri, rasa frustrasi, perasaan hancur, dan ketakutan akan kematian yang akan datang. Aisha sebenarnya ingin berbicara tentang hidup, di saat kematian telah diketahui dan tidak bisa dihindari.

Niren Chaudhary (Farhan Akhtar) adalah seorang karyawan di perusahaan kecil di Delhi, yang jatuh cinta dengan seorang gadis Delhi .  Seseorang yang "hampir" menjadi Miss India, Aditi (Priyanka Chopra Jonas). Mereka akhirnya menikah, tetapi ketika hamil anak pertama, kandungannya mengalami keguguran. Lalu mereka mengetahui bahwa keduanya memiliki gen yang salah dan ada kemungkinan bahwa anak-anak mereka di masa depan dapat memiliki kelainan genetika karena gen tersebut. Anak kedua mereka, seorang anak laki-laki dilahirkan dengan baik dan sehat, akan tetapi anak ketiga mereka Aisha dilahirkan dengan SCID, atau Severe Combined Immunodeficiency, kelainan genetik yang membuat anak rentan terhadap penyakit menular.  

Pasangan ini pergi ke London untuk merawat Aisha. Dengan bantuan sebuah acara radio, mereka berhasil mengumpulkan dana yang cukup untuk membayar biaya perawatan sang bayi. 10 tahun kemudian mereka pindah ke India kembali dan semuanya baik-baik saja. Hingga sesuatu terjadi, Aisha menderita fibrosis paru - suatu kondisi yang menyebabkan pengerasan paru-paru - akibat efek samping dari perawatan yang dilakukan di London. Penyakit ini tak dapat disembuhkan. Aisha harus hidup dengan cara tergantung pada tabung oksigen. Dan akhirnya dia harus menyerah.

Film ini berdasarkan kisah nyata. Penonton bisa menyaksikan perjuangan yang dilakukan oleh para tokohnya. Alih-alih menunjukkannya kesedihan, sutradara Shonali Bose memilih untuk menampilkannya dengan cara romantis dan lucu. Narasi flash back akan membawa kita pada kedekatan yang intim dengan para tokoh dan naik turunnya hubungan mereka. Ada banyak adegan yang akan membuat Anda tertawa dan menangis tragis dalam waktu bersamaan. 

The Sky Is Pink adalah film terakhir Zaira Wasim, karena dia telah memutuskan untuk keluar dari dunia perfilman. Dia berperan sangat alami, kecerdasan aktingnya akan membuat kita merasa dekat tanpa harus mengasihani kondisinya. Dia membuat kita percaya Zaira adalah Aisha yang asli. Cuplikan pidato Aisha di forum TedX pada akhir film, membuktikan totalitas Zaira Wasim. Mari kita berharap semoga Zaira memikirkan kembali keputusannya.

Farhan Akhtar dan Priyanka Chopra tampil sangat meyakinkan sebagai pasangan yang serasi. Mereka memiliki perbedaan, akan tetapi mereka sanggup menyelesaikan semua masalah mereka karena saling mencintai. Layaknya pasangan sejati, mereka berbicara lebih banyak melalui mata, dan keheningan, bahasa tubuh mereka lebih daripada sebuah dialog. Mereka saling melengkapi di layar dan menyenangkan untuk ditonton. Farhan dan Priyanka harus menandatangani lebih banyak film bersama di masa depan. Rohit Saraf juga tampil bagus. Terasa banget sebagai saudara Aisha yang sangat peduli dengan kondisi adik dan keluarganya.

Sinematografi oleh Kartik Vijay dan Nick Cooke mampu menghadirkan suasana hangat dan nyaman dari keluarga Chaudari ini dengan baik. Film berdurasi 149 menit ini mungkin cukup melelahkan, tapi bisa terbayar memuaskan oleh lakon para pemainnya.

Secara keseluruhan, film drama keluarga yang manis ini akan membuat Anda tertawa, sekaligus akan membuat Anda menangis di saat bersamaan. Dan pasti akan membuat Anda merenungkan kembali tentang ketidakpastian hidup yang sangat indah ini. 

--------------------------

Filmfare's rating 4.0/5
avg. users' rating 4.5/5
Rate Movie
Cast: Priyanka Chopra, Farhan Akhtar, Zaira Wasim, Rohit Saraf
Direction: Shonali Bose
Genre: Drama
Duration: 2 hours 29 minutes
 
----------------------------------------------
Catatan : Review ini dibuat oleh Davesh Sharma dan telah dimuat di Filmfare.com pada 9 Oktober 2019
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url