REVIEW FILM : MAHARSHI (2019)

Sukses itu bukan tujuan, sukses itu adalah sebuah perjalanan "

----------


Setelah Bharat Ane Nenu, kembali saya direkomendasikan sebuah film  dari Superstar Mahesh Babu yang terbaru, Maharshi (2019).  Film yang di rilis awal Mei 2019 ini menjadi film ke-25 dari sang Superstar.

Maharshi (aka. Maharishi) adalah sebutan untuk orang yang sangat bijaksana. Dan film ini memang bercerita tentang perjalanan seseorang untuk mencapai posisi "bijak" / maharshi.

SINOPSIS FILM: MAHARSHI (2019)

Rishi Kumar (Mahesh Babu) adalah seorang CEO dari perusahaan software terkemuka di Amerika. Melalui sebuah flashback, penonton diajak ke masa lalu kehidupan Rishi Kumar hingga bisa menjadi orang nomer satu di perusahaan itu.

Rishi remaja yang menganggap ayahnya sebagai orang yang gagal - karena kesulitan ekonomi, bertekad untuk menembus perguruan tinggi yang paling top di India - IITE. Kampus teknik ini bekerjasama dengan perusahaan besar, dimana pada setiap akhir tahun akan melakukan seleksi dan perekrutan karyawan khusus untuk mahasiswa berprestasi.

Berbagai cerita ala kehidupan kampus, lagi-lagi tentang persahabatan (Rishi dengan Ravi) dan cinta (Rishi dengan Pooja), menghiasi layar hingga 10 menit jelang interval film.

Kembali ke masa kini, dalam sebuah pesta reuni kampus dan selebrasi sebagai CEO, Rishi mendapati kenyataan bahwa sahabatnya - Ravi, telah berkorban untuk dirinya hingga Rishi bisa mencapai titik kesuksesan seperti saat ini. Untuk itu, Rishi harus pulang ke India dan akan mengajak Ravi untuk meniti karir bersamanya.

Setibanya di India, Rishi akhirnya bisa menemukan Ravi di desa Ramavaram. Tapi sayang, Ravi bersikeras untuk tetap tinggal di desanya. Dia harus berjuang menyelamatkan tanah keluarganya  dari penggusuran akibat proyek nasional yang sedang dikerjakan oleh konglomerat Vivek.

Dari titik ini, Rishi bertekad untuk membantu sahabatnya mempertahankan tanah leluhur dan desa Ramavaram dari aksi konglomerasi berkedok proyek nasional.

Bagaimana selanjutnya?

..::o0o::..

REVIEW FILM MAHARSHI (2019)

176 menit adalah durasi dari film Telugu bertajuk Maharshi ini. Bukan waktu yang singkat memang. Apalagi jika kalian bukan penggemar film India 😁😁😁 . Membayangkannya saja sudah bikin mual, duduk selama 3 jam akan membuat pantat terasa panas 😥.

Tapi saya yakin, yang baca tulisan ini 95% adalah penggemar film India. Jadi, saya kira tidak bermasalah dengan durasinya.

Pesona Mahesh Babu memang cocok banget untuk peran-peran seperti ini. Cowok sukses, ganteng, berwibawa, dan juga bijaksana. Sebuah penggambaran cowok sempurna ada di dalam diri Mahesh Babu. Penonton cewek pasti akan teriak-teriak gemes, bahkan gaya berjalannya yang dibuat slow motion itu sukses membuat lengan saya biru-biru dicubitin cewek di sebelah saya.. 😥😥😥


Dalam 176 durasinya, Maharshi membagi film dalam 2 babak yang sangat berbeda. Kalaupun ada korelasi antara 2 babak ini, jelas hanya karena tokoh-tokohnya. Beruntung Vamshi Paidipally (sutradara) bisa membangun keterikatan penonton terhadap para tokoh, khususnya tokoh utama - Rishi Kumar.

Meski (diakui/tidak) meniru film 3 Idiots, scene membantah sambutan rektor di hari pertama kuliah, teman kamar yang tidak percaya diri, adalah sesuatu yang secara otomatis akan membuat penonton teringat pada film 3 Idiots.

Tak 100% sama memang, karena Rishi tak seperti Ranchoo. Dia jago berantem dan suka tebar pesona, sesekali terlihat sombong. Bahkan dia tega memutuskan pacarnya hanya karena Pooja dianggap sebagai beban untuk mencapai cita-citanya menjadi orang sukses. Elemen-elemen menarik ini mampu mengikat penonton untuk tidak menguap saat menontonnya.

Lalu kita diajak melompat ke babak kedua, dimana Rishi menunjukkan kelasnya sebagai seorang CEO penting di dunia. Kita akan memaklumi pada setiap langkah yang diambil Rishi. Ketakutannya terhadap sebuah kegagalan, membuat Rishi harus melakukan apa saja agar bisa membantu masalah sahabatnya.

Semua sumberdaya yang dia miliki, dia gerakkan, termasuk membawa rapat-rapat kelas dunia ke pelosok terpencil di sudut India, adalah sebuah hal yang sangat keren bagi saya. Sungguh sebuah penggambaran yang cukup sempurna untuk quote berikut ini ; "Thinks Global at Local" 😍😍😍

Penonton akan diajak melihat perjalanan Rishi di desa Ramavaram, desa yang mempertemukan dia dengan sahabatnya, Ravi. Desa yang sedang menuju titik akhir sejarahnya, karena terancam digusur untuk mega proyek pembangunan. Desa yang mampu menyadarkannya pada sesuatu yang selama ini dia anggap benar, ternyata tak sepenuhnya benar.

Quote-quote motivasi tentang kesuksesan banyak bertebaran di film ini. Menariknya, quote itu disampaikan di saat yang tepat, tidak memaksa, dan bisa diterima dengan baik oleh penonton. Sebuah tontonan yang menghibur sekaligus menginspirasi.


..::o0o::..

PENUTUP

Setelah menyaksikan 2 film Mahesh Babu yang berjudul Bharat Ane Nenu (2018) dan Srimanthudu (2015) - dua judul ini digarap oleh Koratala Siva, saya melihat Maharshi sebuah film yang sama, dengan cerita berbeda. Kesamaan itu antara lain ;

  1. - Diperankan oleh orang yang sama kerennya,
  2. - semangat menjejali penonton dengan quote-quote motivasi yang super keren,
  3. - adegan slow motion untuk eksplorasi ke-keren-an sang superstar ( Fans Service).
  4. - Predictable plot,

Hanya cerita yang berbeda, tetapi konsepnya sama persis. Bagus sih, Akan tetapi jika dilakukan terus menerus, suatu saat penonton akan bosan juga. Terbukti, Box Office Maharshi tak sesukses Bharat Ane Nenu dan Srimanthudu.

Terlepas dari itu semua, Maharshi masih sangat layak untuk ditonton bersama seluruh keluarga.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url