Resensi Film: Why Cheat India (2019)

Why Cheat India (WCI) sejak pertama kemunculannya sudah dicurigai sebagai remake dari film Thailand berjudul Bad Genius (BG). Beberapa info sebelum dirilis memang menyebutkan bahwa Why Cheat India terinspirasi dari Bad Genius dan beberapa kejadian nyata yang terjadi di India.

Namun setelah menyaksikannya secara utuh, WCI tak sepenuhnya menjiplak BG. WCI tak hanya bercerita tentang per-joki-an, tetapi juga mengulas tentang perilaku kebanyakan orang tua, khususnya di India, terhadap buah hatinya agar menjadi orang berguna menurut versi mereka. Seorang anak harus menuruti versi masa depan orang tuanya, jika tidak, tentu saja label durhaka akan melekat pada sang anak. Doktrin orang tua dan pembangkangan secara sembunyi-sembunyi dari anak menjadi pembuka film. 

SINOPSIS FILM: WHY CHEAT INDIA

Diawali dengan narasi seorang bocah yang baru lulus SMA, Sattu menjalani karantina dari ayahnya untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian masuk Perguruan Tinggi. Bahkan untuk keperluan pribadinya, sang ayah menyiapkan asisten khusus yang harus siap riwa-riwi keluar rumah untuk belanja segala kebutuhan Sattu.

Karantina super ketat ini berhasil menghantarkan Sattu lolos ujian dengan predikat terbaik dan bisa masuk jurusan teknik di universitas terbaik. Tentu saja sang ayah bangga luar biasa. Bahkan seluruh warga kampungnya pun turut merayakan keberhasilan ini.

Sementara Nupur, kakak perempuan Sattu, hanya bisa pasrah untuk dicarikan jodoh dengan pria pilihan ayahnya. Dengan alasan belum lulus kuliah, Nupur berhasil menolak keinginan ayahnya.

Kehidupan yang lazim dialami warga kelas menengah ke bawah di India ini menjadi pembuka film WCI. Pengenalan para tokoh utama berjalan mulus dan mampu menjadi pondasi kuat bagi perkembangan cerita selanjutnya.

Kesuksesan Sattu membuat Rocky tertarik memanfaat kejeniusannya. Dengan iming-iming segepok uang, Rocky lihai memainkan emosi Sattu yang hidup dalam keterbatasan ekonomi. Tawaran pekerjaan dari Rocky langsung diterimanya. Pekerjaannya adalah menjadi pemeran pengganti peserta ujian masuk perguruan tinggi.

Seketika kehidupan Sattu berubah drastis penuh kemewahan. Namun di sisi lain kuliahnya menjadi terbengkalai. Seiring orderan "stuntman" makin tinggi, Sattu menjadi terlalu sibuk dengan pekerjaannya.

Selihai-lihainya tupai berlari, pada akhirnya Sattu dan timnya tertangkap. Beruntung Rocky memiliki backing politisi terkenal dan berhasil meloloskan Sattu dari jerat penjara. Namun, Sattu harus menghilang ke luar negeri.

Selesai?

Tidak semudah itu, Ferguso!!

Sampai di titik ini, WCI baru menyelesaikan setengah narasi kisahnya. Perjalanan bisnis jasa yang dijalankan Rocky berlanjut dengan Sattu Sattu yang lain, dan tentu saja dengan tantangan dan uang yang lebih besar.

Dan sebagai film bollywood, kisah cinta Rocky, juga hubungannya dengan keluarganya tak luput menjadi bagian dari WCI. Pada bagian ini, kesempatan menempelkan lagu-lagu sendu dari Arman Malik dan Jubin Nautiyal dilakukan.

Kisah cinta Rocky bukan sebagai sebuah tempelan tak penting. Romantikanya menjadi bagian tak terpisahkan dari cerita keseluruhan. Twist ending yang hadir pada babak akhir, cukup membuat penonton berseru.. 'oalaahhhh'.

Dan pada akhirnya kita tak hanya mendapatkan sebuah tontonan, tetapi juga sebuah fakta yang mencengangkan terjadi secara nyata di lingkungan sekitar kita.

--------

INFO FILM: WHY CHEAT INDIA

Starring :
Emraan Hashmi sbg Rocky aka.Rakesh Singh
Shreya Dhanwanthary sbg Nupur Dubey

Directed :
Lav Parmar
Soumik Sen

Produced :
Bhushan Kumar
Krishan Kumar

Rilis : 18 Januari 2019
Produksi : T-Series Production
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url