REVIEW FILM SANJU (2018)

Oleh ; Fainyy Divkhan

Diangkat dari kisah hidup seorang aktor dari keluarga legenda perfilman, Sanjay Dutt. Perjalanan hidup mulai dari ketenaran hingga keterpurukan akibat narkoba dan hukuman penjara membuatnya kehilangan orang yang dicintai. Ditambah lagi spekulasi berkembang tentang dirinya menjadi seorang teroris membawanya pada pilihan untuk melawan dirinya sendiri, pemikiran orang-orang disekitar dan harus tetap tangguh dari berbagai usaha untuk menjatuhkannya. (Wikipedia)

Sebelum saya coment film ini, terlebih dalam bahasa Indonesia saya memperkenalkan identitas dan profesi saya :

Saya lebih dikenal dengan nama Fainyy Divkhan
Saya berprofesi sebagai seorang journalis, tergolong baru iyaa !! Karena saya menggeluti journalis baru tahun 2011 lalu… 
Saya juga pernah menempuh S1 Fakultas Komunikasi Journalistik di UNITOMO (So, sedikit banyak tau soal media) 🙂

Kembali ke Film *SANJU* 

Dari segi Media dalam film ini :

Yaaa….. Hampir semua yang di utarakan soal media pemberitaan/pers dalam film ini itu BENAR. Tapi, pembaca juga harus cerdas dalam menerimas setiap pemberitaan yang disampaikan atau pun di tulis. PENEKANAN kalimat terkadang memancing setiap pemirsanya !!! 

Yeesss….. Sunil Dutt… Sangat paham dan pintar sekali dalam mengkritik setiap berita yang secara tidak langsung berdampak negatif bagi karir dan masa depan anaknya. (Dalam adegan Sanju yang akan menghadiri acara upacara dewa ganesha) 

Tapi, media tersebut juga benar karena memiliki bukti berupa rekaman wawacara !!!

Ingat sebagai publick figure, segala ucap kata biss menjadi sebuah berita ! Karena media punya target pembaca, sehingga bisa mengambil segala cuplikan kalimat dari setiap narsum untuk di jadikan sebuah berita yang menarik. Namun, ada beberapa media yang terlalu berlebihan dalam menghebohka sebuah berita demi menarik minat pembacanya, bahkan terkadang sampai mlintir (bahasa orang media) membumbui terlalu berlebihan. 

Faktanya memang ada beberapa media yang kerap memberitakan hanya mengambil dari opini!!  Tanpa dilengkapi klarifikasi kepada yang bersangkutan (interview langsung).

Yaa seperti itulah dunia media 😉😉

Eeeiitttsss….. Peran Mbak Anuskha Sharma sebagai penulis…. Hmmm… Good deehh….. Contok baik!!  Menulis kisah gak mau hanya sepenggal dari satu pihak! Tapi, perlu investigasi dari beberapa pihak untuk mencari kebenaran ceirta itu!!! Secaraa yaaa sampai di belain dari INDIA ke New York demi bertemu sahabatnya SANJU KAMLESH, untuk membuktikan kebenaran cerita SANJU… and… eng ing eng… tak hanya mendapatkan kebenaran tapi juga berhasil kembali menyatukan persahabatan mereka. 

Dari segi penikmat film Bollywood

Sangat menarik and menguras emosi !!!

1. Dari segi kehidupan pribadi SANJU, saya mengambil kesimpulan bahwa keinginan orang tua belum tentu bisa maksimal di jalankan seorang anaakk !!! Tapi, setiap anak mempunyai cara tersendiri untuk bisa menjadi seperti yang di inginkan orang tuanya !!! 

Daann itu di buktikan oleh SANJU… walau lika liku perjalanan hidupnya dari salah memiliki teman sampai akhirny benar² menemukan teman, dari kegagalan asmaranya, dan rasa kehilanggan atas meninggalnya sang ibu, namun justru membuatnya kian bersemangat dalam membuktikan bahwa dirinya bisa!!! 

2. Sunil Dutt sebagai Ayah

Sosok Ayah yang perfect bagi saya, dalam film ini sunil dutt menunjukkan kebijaksanaan dan kepedulian utuh pada satu anak laki²nya. Walau tekatnya ingin membuat anaknya menjadi seorang Bintang harus (sempat) bertolak belakang dengan anaknya, sehingga membuat sanju depresi dan salah pergaulan. Tak lantas membuat sunil dutt memarahi dan memaksakan kehendaknya, justru secara lembut dan continue mendampingi dan tetap memberikan semangat anaknya dalam terus berjuang menghadapi kerasnya hidup dan rintangan yang menghampirinya. 

3 . Pesan film SANJU

ketenaran dan kesuksesan tidak diraih hanya mendompleng atas ketenaran yang sudah dimiliki orang tua!!! Perlu kerja keras sendiri untuk tidak di katakan hanya nebeng atas ketenaran orang tua… contohlah POSITIF dari semangatnnya SANJU !!!

AANNNDD !!!
NUMBER 3 yang belum tuntas dalam film SANJU yang dimaksud masa masa ketenaran SANJU dalam perfilman Number 1 (rocky) and Number 2 (MBBS) daann Number 3 (SANJU)  🤓
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Unknown
    Unknown 19 Oktober 2018 18.27

    Gan menurut ente sanju nikah nya sama siapa ya (di film) soalnya nggak diceritain kapan dia nikah

Add Comment
comment url