PERAN AISHWARYA RAI DALAM IRUVAR, BENARKAH TENTANG KEHIDUPAN PM JAYALALITHAA?


Di film pertamanya dengan pembuat film Mani Ratnam ‘Iruvar’ aktris top Bollywood Aishwarya Rai Bachchan berperan sebagai Jayalalithaa. Itu merupakan rahasia yang hingga kini tidak diungkapkan, baik oleh sang sutradara maupun aktris utamanya.

Meskipun hal itu cukup jelas, bahwa film ‘Iruvar’ merupakan persahabatan yang akhirnya menjadi persaingan antara dua orang paling berpengaruh di industri film di Tamil Nadu yang menjadi politikus. Mereka adalah M.G Ramachandran dan M. Kaunanidhi, dan peran yang dimainkan Jayalalithaa dalam membentuk politik India. 
Dan kini setelah meninggalnya Jayalalithaa akibat serangan jantung pada 5 Desember 2016 lalu, membuat pembuat film Mani Ratnam tergerak untuk menghidupkan kembali film ‘Iruvar’ dalam bahasa yang lain selain Tamil. 

“‘Iruvar’ merupakan cerita tentang hubungan yang erat antara film dan politik di Tamil Nadu. Dan Aishwarya berperan sebagai madam Jayalalithaa (Perdana Menteri Tamil Nadu yang awalnya adalah seorang aktris). Film ini merupakan debut Aishwarya di dunia film setelah memenangkan gelar Miss World 1994. Saat itu dia tidak yakin, bahwa peran yang dimainkannya merupakan awal yang bagus untuk seorang aktris. Namun sang sutradara, Mani Ratnam terus meyakinkannya,” ujar sebuah sumber. 

Membuat film tentang politik memang tidak mudah, apalagi menyangkut tokoh utamanya adalah seorang yang berkuasa. Hal itu pula yang dialami Mani Ratnam saat merilis film ‘Iruvar’. Beberapa masalah muncul, salah satunya dari Badan Sensor. Sensor menginginkan adegan-adegan utama dihapus karena menggambarkan ’Beberapa Tokoh Politik yang Dikenal dari Tamil Nadu’ (seperti M.G. Ramachandran, Karunanidhi dan Jayalalithaa).      

Aishwarya Rai sendiri bahkan menolak jika dikatakan bahwa perannya dalam ‘Iruvar’ merupakan pinjaman dari Jayalalithaa. Itu sangat dimengerti. Jika kita tanya ke aktris Suchitra Sen, apakah dirinya memerankan Gandhi dalam film ‘Aandhi’ (1975) karya Gulzar? Pasti dia juga akan menolaknya. (Melaty Tagore)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url