REVIEW FILM RUSTOM - 3 SHOTS THAT SHOCKED THE NATION (2016)


Tahun lalu kita baru saja disuguhi film Bollywood berlatar belakang utama ruang sidang. Sebut saja Jazbaa, yang membawa kembali seorang Aishwarya Rai ke layar lebar sebagai pengacara handal dan harus berjuang menyelamatkan anaknya, atau Talvar sebuah kasus pembunuhan rumit yang tak kunjung selesai.

Selayaknya film persidangan, kita akan menyaksikan bagaimana seorang terdakwa atau pengacara berjuang keras untuk memenangkan sebuah kasus, dan pasti pada akhirnya kasus tersebut dimenangkan sang hero/heroin. Begitupun yang di tawarkan RUSTOM.

Bagaimana jika kamu menjadi seorang angkatan laut atau pelaut yang harus berlayar berbulan-bulan dan ketika pulang ternyata istrimu sedang pergi tidur dengan laki-laki lain? itulah yang dirasakan seorang Rustom.


Komandan Rustom Pavri baru saja tiba dari sebuah misi pelayaran untuk menjaga keamanan laut India. Ketika sampai di rumah, istrinya ternyata sedang berlibur dengan pria lain. Dengan kemarahan yang luar biasa, akhirnya Rustom membunuh laki-laki itu dan menyerahkan diri ke kantor polisi. Yang mengejutkan adalah ketika di persidangan dia malah mengaku tidak bersalah.

Walaupun berlatar belakang kemarahan karena perselingkuhan istrinya, sejatinya film ini sama dengan cerita film India masa kini. Alur ceritanya susah ditebak setidaknya hingga pertengahan film. Kejanggalan-kejanggalan yang tersaji di paruh awal film, secara perlahan mulai terkuak hingga di akhir film.

Film ini beralur maju mundur yang sangat apik dengan menampilkan latar kota Bombay tahun 1959, yang sekarang sudah berganti nama menjadi Mumbay. Settingnya pun di masa awal kemerdekaan negara India atas Inggris, pengaruh negara britania itu masih sangat terasa baik dalam segi pemerintahan atau budaya pada saat itu.

Sinematorgrafinya yang menarik tersebut membuat film ini sangat layak tonton. Komandan Rustom Pavri yang diperankan oleh Akshay Kumar bermain sangat baik di film ini. Sangat dingin, tenang dan berstrategi. Begitu juga dengan Ileana D'Cruz yang memerankan Chintya, seorang istri yang berselingkuh karena kesepian. Dengan wajah penyesalannnya yang muncul sepanjang film pun begitu mengena. Juga seorang Inspektur Vincent Lobo yang diperankan Pawan Malhotra dengan aktingnya yang mengena begitu idealis untuk memecahkan sebuah kasus tanpa memperdulikan pihak manapun yang terlibat.

Film ini sangat layak untuk di tonton karena banyak nilai yang bisa kita ambil hikmahnya. Kabarnya juga film ini diangkat dari kejadian yang pernah ada di India sana, akan tetapi diceritakan kembali dengan sentuhan fiksi serta drama agar lebih layak sebagai sebuah tontonan.

Sebagai film Bollywood, tentu tak lengkap jika tak diselingi lagu. Meski selama durasi 2 jam 23 menit lagu-lagu yang hadir hanya sebatas backsound dari adegan dan tanpa tarian, namun lagu utama berjudul Tere Sang Yaara mampu dihadirkan utuh untuk menampilkan kesan cinta antara Rustom dan Cynthia.

Bagaimana kisah Rustom selengkapnya? Silahkan tonton sendiri. (uziek)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url