Sejarah Berdirinya BMCI

Sejarah Berdirinya BMCI

Perfilman India atau yang lebih akrab disebut "Bollywood" telah dikenal di Indonesia sejak tahun 60-an. Saat itu bintang-bintang seperti Shammi Kapoor, Dev Anand, Mala Sinha, Dilip Kumar dan lainnya, sangat populer di tanah air. Kemudian menyusul era Rajesh Khanna, Amitabh Bachchan, Hema Malini sampai Mithun Chakraborty. Sampai kini nama-nama beken seperti Shah Rukh Khan, Aamir Khan, Salman Khan, Akshay Kumar seperti tak asing lagi terdengar di telinga masyarakat kita.

Kepopuleran film maupun artis-artis India tersebut mendorong munculnya kelompok penggemar bollywood (fansclub) sejak dulu sampai sekarang. Keberadaan fansclub saat ini terasa lebih berwarna menyusul era media sosial dibanding jaman dulu tentunya. Selain sebagai wadah yang menaungi para penggemar baik umum maupun artis tertentu, fansclub juga kerap dijadikan sebagai sumber info terkini dan ajang silaturahmi.

Salah satu wadah atau fansclub yang menjadi ajang berkumpulnya para penggemar film India di Indonesia adalah Bollywood Mania Club Indonesia (BMCI).

Sejarah Berdirinya

BMCI itu sendiri terbentuk bermula dari fansclub di salah satu media cetak bernama Tabloid Bollywood (TB) yang beredar sekitar tahun 2002 hingga 2006 yg diterbitkan oleh Rakyat Merdeka Group (Jawa Pos Group). Selama empat tahun lebih perdarannya, anggota fansclub TB yang saat itu bernama Bollywood Fans Club (BFC) telah mencapai ribuan anggota dari berbagai kota di seluruh Indonesia, bahkan ada juga yang berasal dari Singapura dan Malaysia. Namun sayang, seiring dengan tidak beredarnya TB maka mati pula perkembangan BFC.

Sejak itulah timbul keinginan Melaty Tagore yang merupakan salah satu redaktur di TB untuk kembali menghidupkan wadah yang sempat mati suri tersebut. Dan pada saat itu kebetulan facebook tengah menjadi media sosial yang sangat populer dan banyak diminati masyarakat sehingga mendorong Mba Mel (begitu Melaty Tagore biasa dipanggil) untuk menghidupkan kembali BFC lewat media facebook.

Dengan pertimbangan yang matang, keberanian dan tekad yang kuat serta support dari teman, sahabat dan para penggemar Bollywood, Mba Mel pun memproklamirkan berdirinya kembali BFC dengan nama yang baru yaitu Bollywood Mania Club Indonesia (BMCI) pada 11 Mei 2009. Tujuannya tidak lain, untuk menyatukan kembali para penggemar dan pencinta artis serta film-film Bollywood di tanah air. Agar tali silaturahmi yang sempat terputus saat TB tidak terbit, kembali tersambung dengan adanya BMCI ini.

Tak disangka, group BMCI langsung mendapat respon yang bagus dari para pencinta Bollywood. Dalam waktu singkat BMCI memiliki ratusan bahkan ribuan anggota yang terdiri dari berbagai kalangan dan bebagai fans aktor aktris Bollywood di Indonesia. Kini BMCI sudah memiliki lebih dari 30.000 orang anggota.

BMCI sendiri selain sebagai wadah berkumpulnya para penggemar Bollywood juga menjadi tempat untuk memperoleh berbagai berita dan info ter-update dari dunia perfilman India. BMCI juga menyuguhkan beragam artikel seperti resensi film, resensi musik, profil para artis dan lain-lain. Lewat BMCI pula para anggotanya diajak untuk saling bertukar informasi dan saling mengenal satu sama lain. Tak hanya lewat facebook, BMCI juga aktif membuat acara-acara pertemuan atau kegiatan-kegiatan nyata seperti acara gathering tahunan BMCI yang dilaksanakan setiap bulan Mei, nonton bareng film bollywood terbaru dan lain-lain.

Siapa Yang Mengelola BMCI?

Awalnya BMCI hanya dikelola oleh Mbak Mel (Melati Tagore) seorang diri. Namun seiring dengan berkembangnya group ini, dimana selain semakin banyak anggotanya, BMCI juga kerap dihadapkan dengan masalah lintas fans. Untuk itu Mba Mel berinisiatif meminta bantuan para anggota seniornya untuk ikut bersama-sama mengelola dan memajukan group BMCI. Mereka adalah Dadong Abhiseeka Azzahreen (Medan), Sanju Baba (Medan), Haresh Naraindas (Bekasi), Hj. Dehas Ana (Cikarang), Sorayya Patel (Cikarang) dan Romy Raja Hindustani (Bekasi).

Sejalan dengan perkembangannya, kini BMCI telah memiliki beberapa cabang di daerah seperti BMCI Cirebon, BMCI Majalengka, BMCI Indramayu, BMCI Jawa Timur dan BMCI Jawa Tengah. Adapun salah satu tujuan dibentuknya BMCI cabang tersebut agar mempermudah anggota di daerah untuk membuat acara atau kegiatan sendiri. Tidak menutup kemungkinan BMCI semakin berkembang dan membuka cabang-cabang baru di propinsi lain.

BMCI Jawa Timur

Untuk BMCI Jawa Timur, dibentuk pada tanggal 15 Juni 2013 di Surabaya. Pada saat itu banyak dihadiri oleh para fans Bollywood yang sudah lama berkecimpung dalam fansclub di berbagai daerah di Jawa Timur. Dalam perkembangannya, saat ini BMCI Jatim telah memiliki sekitar 1000 orang anggota dari berbagai kota di Jawa Timur.

Pada saat itu BMCI Jatim disepakati untuk tidak memiliki struktur. BMCI Jatim adalah komunitas/grup dari orang-orang yang memiliki kesukaan dan hobbi yang sama, sehingga kedudukannya juga sama. Tidak ada senior, tidak ada junior, tidak ada ketua, atau sebutan lain yang mengkotak-kotakan sesama penggemar Bollywood. BMCI Jatim hanya memiliki Koordinator dan Admin. Koordinator memiliki fungsi untuk  mengkoordinir anggota di wilayahnya, sedangkan Admin hanya berfungsi untuk menjaga postingan/komentar pada Media Sosial (Facebook/BBM/WA) agar tetap sesuai dengan peraturan yang telah disepakati.

BMCI Jatim dikelola oleh Aida Ciplux (Surabaya), Ali Husen (Probolinggo), Dani Nigam (Sidoarjo), Adjie Guna Prasetyo (Sidoarjo), Ananda Rizki Chauhan (Situbondo), Imey Hrithik Shan (Kediri), Yusuf Akbar (Jombang), dan Fauzi Ghazali (Malang). Pengelolaan ini hanya bersifat sebagai koordinator di masing-masing daerah, khususnya  ketika BMCI Jatim mengadakan kegiatan nonton bareng, event bollywood, atau undangan tampil mengisi acara di sebuah event.

Sementara untuk pengelolaan Grup di media Facebook, admin berfungsi untuk menjaga lalu lintas komunikasi antar anggota. Tujuannya bukan untuk membatasi, tetapi lebih kepada terciptanya rasa nyaman diantara sesama fans Bollywood dengan dibentuknya fansclub Bollywood ini. Hal ini sejalan dengan tagline BMCI - Dosti Masti Pyar Aur Ek Parivaar. Persahabatan, Canda, Cinta, dan Kekeluargaan.


Demikian artikel tentang Sejarah Berdirinya BMCI . Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Jika ada hal yang ingin didiskusikan, silahkan tulis di dalam kolom komentar di bawah ini.

Apabila Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share yang ada di atas artikel ini. Anda juga bisa membaca artikel , sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, semua hal tentang film India ada di halaman www.filmindia.my.id ini. Anda juga bisa menyaksikan film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.

Terima kasih telah berkunjung di halaman ini.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Anonim
    Anonim 13 Oktober 2016 17.16

    min, udah ada film katrina katif yang terbaru belum, judulnya baar baar dekho. liat di trailernya kayanya seru deh min. di tunggu yaa min.

    • Film India
      Film India 10 November 2016 01.52

      Ditunggu aja.. versi Resmi belum ada.

Add Comment
comment url