SHAMITABH (2015)

SHAMITABH (2015)

JUDUL FILM : SHAMITABH
PEMAIN : AMITABH BACHCHAN ,DANUSH, AKSHARA HASAAN
SUTRADARA : R. BALKI
THEMA : DRAMA
PENILAIAN : 3,5 / 5
OLEH : HARESH NARAINDAS


SHAMITABH Khusus buat pencinta film bolywood dg thema yg unik dan beda, ngga semua penggemar film bolywood akan suka film ini ,apalagi yg suka film bolywood konvensional dg tari,nyanyi,action,muter2 pohon dan tiang, mungkin ngga akan suka!! .. SHAMITABH mempunyai alur cerita dan penggarapan yg belum pernah ada di bolywood, boleh dipuji ide R BALKI yg orsinil,tidak ada satu adeganpun terispirasi dari film bolywood maupun holywood! ide yg benar2 FRESH walau belum tentu film ini bisa meraih sukses dan disukai semua kalangan, yg pasti film untuk konsumsi menengah keatas / penonton berpendidikan atau diindia segmentasi film ini untuk cineplex!!

Film ini sebenarnya juga satire untuk perfilman bolywood,banyak sindiran2 yg disajikan dg cerdas diantaranya ajang awards yg curang , seorang aktris harus tidur dulu dg produser/ sutradara bila ingin dapat peran dsb.

Kisah danish ( danush ) yg tuna wicara sejak kecil dan penggila film bolywood ,ditengah keterbatasan finansial ( ibunya cuma tukang gorengan ) danish cilik dg segala macam cara selalu nonton film dan terobsesi jadi aktor, bahkan nyewa dvd pun bayarnya pake gorengan dagangan sang ibu ( orsinil ,lucu,sedih ),setelah ibunya meninggal danish dewasa ke mumbai untuk mencapai cita2nya jadi aktor , nantinya setelah melalui rintangan danish dibantu seorang wanita yg asisten sutradara ( akshara hasaan ) dan dibawa ke finlandia untuk menjalani sebuah tehnogi baru kedokteran!! dilehernya dimasukkan sebuah chips dan dg chips tsb dia bisa mengeluarkan suara layaknya orang berbicara,tapi dg bantuan orang lain!! caranya? sang pemilik suara asli diberi alat ditelinganya dan alat tsb bisa mentransfer suaranya ke chips tsb dan apa yg diucapkan akan keluar seolah dari mulut danish,tentunya untuk mensinkronkan suara dg gerak bibir diperlukan latihan khusus!!! UNIK BUKAN CERITANYA?

Selanjutnya akshaara mencarikan suara yg pas untuk danish dan akhirnya didapat suara yg berwibawa,baritone mantap dari AMITABH SINHA ( BIG B ) laki2 tua,peminum,frustasi , keras kepala ,aktor yg gagal yg tinggal digubuk dekat kuburan..dan terjadilah transaksi!! dan untuk menambah nilai komersil danish disuruh merubah namanya dan akhirnya didapat nama yg kombinasi dari daniSH dan AMITABH , SHAMITABH..danish alias shamitabh menjadi aktor dan diam2 dari kejauhan suaranya diisi amitabh sinha melalui transfer suaranya dan cerita berlanjut hingga danish meraih sukses dan amitabh merasa diapun berhak atas kesuksesan itu, dan diapun merasa berhak jadi SHAMITABH ,saksikan 2 laki2 egois ini saling merasa paling berhak dan paling hebat!! saksikan pertengkaran mereka yg lucu dan unik sekaligus dramatis !!saksikan performance MAESTRO nya aktor india amitabh bachchan yg akan membuat decak kagum!!,diusia yg sudah patut pensiun amitabh benar2 tidak layak untuk pensiun!!! ( wah pasti ada yg bilang bg haresh KACA BUREM nih!!,silahkan aja,tapi saksikan dulu akting big b setelah itu putuskan apakah saya kaca burem? ) saksikan DANUSH yg walaupun tidak ganteng tapi aktingnya sedemikian powerfull, sanggup mengimbangi akting big b yg menggelegar!! hanya saja terlihat fisik danush tidak match dg suara big b yg sedemikian menggelegar!!,

Saksikan AKSHARA HASAAN yg debutnya dg peran yg tidak biasa tapi darah kamal haasan benar2 mengalir ditubuhnya!!,akshara akan menambah stock heroine bolywood dg kategori yg " beda"!! disini perannya tomboy banget ( ingat uyuy khan hehe ), saksikan uniknya danush yg memakai suara big b sekaligus lipsing ..perannya sungguh2 tidak mudah!!..saksikan ending film ini yg sangat2 tak terduga dan bagi saya ending film ini LUAR BIASA!! tapi buat pecinta bolywood konvensional / masala akan kaget ataupun kesal dg ending yg......ini.....gimana dan apa endingnya?.........................saksikan!!!

 Jujur SHAMITABH mungkin dilihat dari sisi komersilnya hanya akan disukai penonton segmen tertentu ( ala guzaarish ,black ,khamoshi ,lootera ) ,tapi untuk sebuah karya, ini masterpiece dari R BALKI setelah PAA dan CHEENI KUM! kekuatan film ini tentu thema ceritanya yg unik,akting 3 pemainnya yg hebat!!oh ya satu lagi akting pemeran danush cilik juga MASYA ALLAH terutama sewaktu dilecehkan oleh gurunya disekolah dan dibilang gagu kok mau jadi aktor? lalu oleh sang guru diledek suruh berakting sedih karena ibunya mati!! saksikan adegan ini!! jempol!!!

Awal cerita tampil berbagai kalangan perfilman bolywood dari produser ,sutradara dan artis yg menghadiri pesta sukses sebuah film berjudul LIFEBOY.. dari boney kapoor ,raj kumar hirani , karan johar, rakeysh om prakash mehra ,ekta kapoor dan nama2 populer lainnya menjadi comeo dari film ini dan yg paling mengesankan comeo dari REKHA,perannya secuil tapi mengesankan!! lagu2 film ini yg saya suka cuma SHA SHA MI MI dan PIDDLY , khusus untuk piddly unik klipnya karena dinyanyikan big b di WC ,ngga akan anda dapatkan tari2 dan nyanyi dipohon!! juga bagi anda yg terobsesi dunia bolywood bisa menyaksikan studio film di mumbai,juga saat sineas sedang shooting ,bahkan bisa melihat bus atau van dari selebriti ( bus yg bagaikan rumah dan merangkap tempat make up artis ) semua lengkap disini!! penasaran?? ada di shamitabh!

Ada kelebihan tentu ada kekurangan..durasi film terlalu panjang 2 jam 30 menit dan ada adegan mabuk ber ulang2 dari big b yg over dosis sehingga menimbulkan rasa BORING!! , lalu kelemahan lain yg rada fatal yaitu ceritanya akshara yg baru kenal danush mengapa mau menolongnya habis2an?? sudah tahu dia bisu?? hingga sampai dibawa ke finlandia??? why ..why ??? kekurangan lainnya film ini kurang disegi entertainmentnya, minus juga adegan percintaan ,film juga berjalan slow !!,film ini juga kurang adegan melodramatis ala film paa yg bisa menguras air mata.

Secara keseluruhan shamitabh film yg bermutu ,punya kelas ,unik , jelas salah satu film terbaik dan terunik 2015 setelah BABY ,tapi siapkah anda dg thema seperti ini??? bagi fans berat BIG B merupakan kebanggaan tersendiri melihat akting ,dialog2nya yg powerfull ( buat yg ngerti hindi ) akting big b layak dapat awards versi critics ,bagi orang india selatan juga bangga melihat DANUSH yg sanggup mengimbangi akting big b ..siap2 masuk nominasi sbg suporting actor terbaik ,untuk AKSHARA siap2 masuk nominasi debut terbaik!! buat saya walau film ini sukses atau tidak ,hit atau flop saya bangga akhirnya bolywood sineasnya tidak bisa dibilang buntu idenya!! buktinya cerita film ini beda !! buat BIG B akan selalu jadi fans beratmu!!!..TABIK BUAT SANG LEGENDA YG TIADA GANTINYA!!! filmnya misal flop??? ngga peduli!!!!

Apa pendapatmu tentang SHAMITABH (2015)? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url