Panipat, Bajirao, dan Kerajaan Maratha

Pemeran Film Panipat dan Bajirao Mastani

Ketika pertama kali melihat poster dari film Panipat (2019), para bollywood mania di Indonesia akan merasa dejavu dengan sosok Peshwa Bajirao dari film Bajirao Mastani (2015). Apakah film Panipat ini ada hubungannya dengan Bajirao Mastani yang diperankan oleh pasangan Ranveer Singh dan Deepika Padukone itu? Tulisan berikut ini akan berusaha menjelaskannya.

Sejarah Perang Mughal VS Maratha

Kerajaan Mughal dan Kerajaan Maratha adalah 2 kerajaan besar yang pernah ada di tanah Hindustan. Kerajaan Maratha pertama kali ditaklukkan oleh Mughal pada tahun 1526 melalui pertempuran yang terkenal dengan perang Panipat I.

Kerajaan Mughal mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-17 dengan menguasai Afganistan, Balochistan, dan sebagian besar anak benua India antara tahun 1526 dan 1857. Di puncak kejayaannya, pada tahun 1630, Raja Shah Jahan membangun Taj Mahal. Pembangunan Taj Mahal ini selesai pada tahun 1653.

Sepeninggal Shah Jahan, di masa kepemimpinan Aurangzeb, banyak kerajaan-kerajaan kecil di bawah kekuasaan Mughal mulai memberontak, termasuk kerajaan Maratha. Tercatat dalam sejarah, perang antara Maratha dan Mughal berlangsung selama 23 tahun, antara tahun 1674 sampai dengan 1707.

Namun, kerajaan Mughal benar-benar takluk kepada kerajaan Maratha pada tahun 1737, setelah Panglima perang Maratha, Peshwa Bajirao berhasil meruntuhkan pertahanan terakhir kerajaan Mughal. Sejak saat itu, kerajaan Maratha mulai memperluas wilayahnya dengan menundukkan kerajaan-kerajaan kecil lainnya.

Film Panipat (2019)

Panipat (2019), film garapan Ashutosh Gowarikar ini diangkat berdasarkan sejarah perang Panipat III yang terjadi antara kerajaan Maratha dengan kerajaan Afganistan di daerah Panipat, sekitar 93 KM utara Delhi, pada tanggal 14 Januari 1761 M. Di sisi Kerajaan Maratha, pasukannya dipimpin oleh Peshwa Sadhasivrao Bhao (diperankan oleh Arjun Kapoor), sedangkan dari Kerajaan Afganistan dipimpin oleh Raja Ahmad Shah Abdali (diperankan oleh Sanjay Dutt).


Fokus cerita pada tokoh utama yaitu Sadhasivrao Bhao. Diawali dari pertempuran pasukan Maratha dengan Mughal di tahun 1737, Sadhasivrao membantu Bajirao (Paman) dalam pertempuran heroik tersebut. Berkat keberhasilannya, Bajirao diangkat menjadi panglima perang kerajaan Maratha dan Perdana Menteri (Peshwa) di beberapa kerajaan yang ditaklukkan Maratha, sedangkan Sadhasivrao diangkat sebagai Menteri Keuangan kerajaan Maratha. Dalam salah satu scene, diperlihatkan bagaimana Bajirao dan Sadhasivrao dipanggil menghadap kepada Raja Maratha, untuk menerima penghargaan.

Bajirao tidak berumur panjang. Sejarah mencatat bahwa dia meninggal akibat sebuah wabah penyakit yang menyerang di suatu daerah ketika dia sedang menjalankan misi ekspansi kerajaan Maratha. Dalam film Bajirao Mastani (2015) karya Sanjay Leela Bhansali, Bajirao meninggal sakit akibat memikirkan istrinya, Mastani.

Sepeninggal Bajirao, Sadhasivrao dipercaya untuk memimpin pasukan Maratha menghadapi usaha ekspansi dari Raja Afghanistan, Ahmad Shah Durrani (Ahmad Shah Abdali). Pertempuran heroik antara pasukan Afghanistan dan Maratha yang terjadi di daerah Panipat ini terjadi pada tanggal 14 Januari 1761, dan peristiwa itu dikenal dengan sebutan Perang Panipat III.

Dalam perang Panipat III ini, pasukan Sadhasivrao harus mengakui kekuatan Afghanistan. Namun, Raja Ahmad Shah Abdali mengurungkan niatnya untuk menaklukkan Maratha. Dalam sejarahnya, Maratha makin berkembang hingga pada akhirnya bubar karena penjajahan bangsa Portugal di awal abad ke-19.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa Bajirao dan Sadhasivrao adalah Paman dan Keponakan yang pernah hidup di jaman yang sama. Bajirao adalah saudara bungsu dari Chimaji Appa, Ayah dari Sadhasivrao. Wajar apabila ada kemiripan penokohan kedua sosok ini, baik model rambut, pakaian, dan tokoh-tokoh yang terlibat di sekitarnya. Karena keduanya berada di timeline yang sama (uziek).


#Panipatthemovie #panipat #arjunkapoor #Sanjaydutt #Kritisanon
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url