GILA! 10 REKOR DUNIA INI BELUM ADA YANG MENGALAHKAN BOLLYWOOD, INI DIA.

GILA! 10 REKOR DUNIA INI BELUM ADA YANG MENGALAHKAN BOLLYWOOD, INI DIA.

India adalah negara yang memiliki produksi film terbanyak di dunia. Tercatat pada tahun 2013, India berhasil memproduksi 1.724 film dalam satu tahun. Padahal, Amerika Serikat saja hanya mampu menghasilkan 738 film pada tahun yang sama. Selain Bollywood, ternyata Nollywood (sebutan untuk industri film dari Nigeria) yang menduduki posisi kedua dengan produksi rata-rata 1.000 film per tahun. Atas prestasinya ini, Guinnes Book Of World Record memberikan predikat kepada India sebagai Produsen film terbanyak.


Tak hanya sebagai produsen film terbanyak, Bollywood juga telah mencatatkan rekor dalam Guinnes Book Of World Records, yaitu :

1. KUMAR SANU - REKOR REKAMAN LAGU TERBANYAK DALAM SATU HARI


Penggemar Bollywood pasti kenal penyanyi legendaris ini. Dia terkenal di era 90'an. Tujhe Dekha To (Ost. Dilwale Dulhaniya Le Jayenge) adalah salah satu lagunya yang populer hingga saat ini. Pada tahun 1993, Kumar Sanu mencatatkan rekornya sebagai penyanyi yang merekam suaranya terbanyak dalam satu hari. Pada hari itu Kumar Sanu merekam suaranya untuk 28 lagu. WOW..!!!



2. ASHA BHONSLE - REKOR REKAMAN LAGU TERBANYAK



Penyanyi yang satu ini memang hebat. Tercatat lebih dari 11.000 lagu telah dinyanyikan oleh Asha Bhonsle sejak tahun 1947. Rekor ini dianugerahkan pada tahun 2011.

Catatan Penulis :
Pada tahun 1991, GUINNESS BOOK Of WORLD RECORDS mencatatkan rekor penyanyi terbanyak kepada Lata Mangheskar. Menurut catatan, Lata telah menyanyikan lagu sebanyak 50.000 lagu sejak tahun 1947 - 1991). Namun, setelah di verifikasi, hanya tercatat 5.025 lagu yang ditemukan. Sehingga rekor itu batal dengan sendirinya. Baru pada tahun 2011, Guiness Book Of World Records mencatatkan Asha Bhonsle sebagai penyanyi terbanyak


3. KELUARGA KAPOOR - REKOR KELUARGA TERBANYAK BERMAIN FILM


Keluarga Kapoor hingga saat ini masih memegang rekor sebagai anggota keluarga terbanyak yang menjadi aktris/aktor dalam film. Rekor ini tercatat sejak Prithviraj Kapoor memasuki industri film pada tahun 1929 hingga saat ini. Lebih dari 24 keluarga dan keturunannya yang masuk dan berperan aktif dalam perfilman Bollywood.



4. GENERASI AKTRIS TERBANYAK DALAM 1 KELUARGA


Sobhna Samarth memulai karirnya pada tahun 1935 melalui film Hindi perdananya berjudul Nigahen Nafraj. Namun dalam karirnya, dia lebih diingat saat tampil dalam film Ram Rajya (1943). Tak hanya bermain film, dia pun turut menjadi produser dan sutradara. Film terakhir yang diperani oleh Sobhna Samarth adalah Gar Dwarr (1985).

Kedua putrinya bernama Tanuja dan Nutan mengikuti jejaknya sebagai pemain film. Tanuja bersama Nutan mengawali karirnya dalam film Hamari Beti (1950). Setelah itu, Tanuja dan Nutan terus berkiprah di dunia film Bollywood. Haathi Mere Saathi (1971), Door Ka Raahi, Mere jeevan Saathi, Do Chor and Ek Baar Muskara Do (1972), Kaam Chor, Yaarana, Khuddar, and Masoom adalah film-film hits yang diperankan oleh Tanuja.  Sementara Nutan sukses dengan filmnya Nagina (1951), Laila Majnun (1953) dan terus disusul hit-hit lainnya seperti  Milan (1967) dan Saudagar (1973). Hingga kini, Tanuja dan Nutan masih aktif bermain film.

Generasi ketiga dari keluarga ini adalah Kajol Mukherjee dan Rani Mukherjee. Siapa yang tak kenal kedua artis ini? Saya kira tak perlu membahas siapa mereka dan film apa saja yang telah diperankan oleh kedua artis ini. Yang pasti, atas konsistensi keluarga Sobhna Samarth ini, Guinness Book Of World Records telah mencatatkan namanya sebagai Keluarga Aktris Terbanyak dalam satu garis keluarga.

5. KAHOO NA PYAR HAI - FILM DENGAN PENGHARGAAN TERBANYAK



Hrithik Roshan dan Amesha Patel berhasil mencuri perhatian penonton film pada tahun 2001 lewat debutnya dalam film Kahoo Na Pyar Hai. Pada tahun 2002, film ini tercatat mendapatkan 92 penghargaan dari berbagai festival film, dan dinobatkan sebagai film dengan penghargaan terbanyak oleh Guinness Book Of World Records.

6. QAIS AUR LAILA - FILM DENGAN MASA PRODUKSI TERLAMA



Jika kita berbicara tentang kisah cinta, tentu kita pernah mendengar kisah tentang Qais dan Laila. Yup, itu adalah judul film Bollywood yang dirilis pada tahun 1986. Tahukah kalian bahwa produksi film itu telah dimulai sejak tahun 1964 ? Benar, 22 tahun untuk menyelesaikan film Qais Aur Laila. Hal ini terjadi karena banyaknya kendala sejak proyek tersebut dimulai pada tahun 1964. 

7. SUNIL DUTT - AKTOR PALING SEDIKIT DALAM SATU FILM



Film yang berjudul Yaadein di rilis pada tahun 1964 adalah film misteri yang diperankan oleh Sunil Dutt dan Nargis. Selama 113 menit durasinya, aktor yang muncul hanya Sunil Dutt saja. Sementara Nargis hanya tampil dalam bayangan siluet. Film yang memenangkan penghargaan sinematografi terbaik tahun 1966 ini mencatatkan sejarah sebagai film dengan Aktor paling sedikit dalam sejarah dunia Guiness Book of World Records.

8. SAMEER ANJAAN - PENULIS LIRIK LAGU TERBANYAK



Shitla Sameer Pandey atau yang lebih dikenal sebagai SAMEER, adalah penulis lirik lagu terbanyak dalam sejarah dunia. Tercatat sebanyak 3.524 lirik lagu telah ditulisnya. Lagu-lagu tersebut menjadi soundtrack film lebih dari 650 film. Rekor ini telah diverifikasi pada tanggal 15 Desember 2015.

9. JAGDISH RAJ - PEMERAN POLISI TERBANYAK



Hingga saat ini, Jagdish Raj masih memegang rekor sebagai aktor pemeran polisi terbanyak dalam sejarah dunia. Tercatat sebanyak 144 film yang telah diperaninya sebagai polisi.

10. LALITA PAWAR - KARIR ARTIS TERLAMA



Lalita Pawar, aktris kelahiran tahun 1916 ini telah berkarir sebagai artis selama 70 tahun. Dia mengawali karirnya sejak berusia 9 tahun. Debut film Bollywood nya adalah Raja Harishcandra (1928), dan terus aktif hingga tahun 1998 dalam film Bhai (Bersama Sunil Shetty). Selama 70 tahun karirnya, Lalita Pawar telah berperan dalam 700 film. WOW, rata-rata 10 film dalam satu tahun.


Itulah rekor-rekor dunia yang telah dicatatkan Bollywood dalam Guiness Book Of World Records.

Masih malu mengaku suka Bollywood?

Demikian artikel tentang GILA! 10 REKOR DUNIA INI BELUM ADA YANG MENGALAHKAN BOLLYWOOD, INI DIA.. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Jika ada hal yang ingin didiskusikan, silahkan tulis di dalam kolom komentar di bawah ini.

Apabila Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share yang ada di atas artikel ini. Anda juga bisa membaca artikel , sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, semua hal tentang film India ada di halaman www.filmindia.my.id ini. Anda juga bisa menyaksikan film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.

Terima kasih telah berkunjung di halaman ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url